Nilai AGC Menandakan LNB Rusak di Enigma2?

Sebagian besar developer Enigma2 menganggap nilai AGC tidak ada manfaatnya, hanya sebagai "hiasan" saja di skin. Saya tidak menganggap hal demikian, karena ternyata nilai AGC ini sama halnya dengan di rx pada umumnya yaitu bisa menjadi indikator LNB rusak atau mulai mengalami penurunan performa dan sudah selayaknya dilakukan pergantian, atau koneksi ke LNB sedang ada masalah.

Oleh karena itu, di MyEnigma2 sebisanya saya buat agar bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Berikut ini adalah contohnya:

Di atas adalah contoh LNB yang masih berfungsi normal, dan performanya masih seperti biasa. Sedangkan untuk contoh LNB yang sudah mulai rusak dan mengalami penurunan performa atau koneksi ke LNB sedang ada masalah terlihat seperti berikut ini:

Bisa dilihat pada kondisi AGC yang hanya 5% berbanding 57% pada LNB yang masih normal. Namun, hal ini bukan berarti 100% LNB dikatakan rusak ya. Bisa jadi juga Switch yang digunakan rusak di port pada LNB yang kita curigai (pada contoh di atas Asiasat 7). Atau bahkan konektor di LNB sudah mulai karatan, juga bisa jadi penyebab. Bahkan bisa juga dikarenakan kabel LNB mulai korosi (kemasukan air misalnya).

Jadi, urutan troubleshootnya adalah:

  1. Cek Switch
  2. Cek Kabel LNB
  3. Cek Konektor (baik yang ke Switch maupun ke LNB)
  4. Terakhir baru cek LNB

Segitu sudah cukup buat yang menggunakan Rx Enigma2.

Comments

Popular Posts Last 7 Days

Satellite NSS11 at 108.0°E

Membangun Server CardSharing

Review Getmecom HD 5 Ethernet Part 2